Caution: This page will be redirected within 20 secs

Perhatian: Halaman ini akan dipindahkan ke halaman blog baru saya

Friday, January 21, 2011

record jalannya game dengan aplikasi Fraps

fraps untuk merekam video game
Fraps, mungkin bagi para gamer sudah bukan hal baru, iy akan. He3x.
Tapi daripada uneg-uneg ini gak tersalurkan, maka saya tulis di blog ini. Dulu saya pernah diberi tahu temen tentang fraps untuk rekam video game, wah jadi penasaran dan ingin mendownloadnya di internet. Tetapi susah mendapatkan fraps yang full version.
Berikut ini adalah video hasil rekaman fraps dengan kualitas rendah:


Video hasil rekama ualitas rendah?

Sejak pertama kali memakai fraps, saya terkejut melihat hasil rekamannya membludak bergiga-giga. 1 giga mungkin untuk 5 menitan. kenapa bisa demikian?
Huff, ternyata fraps merekam dengan kualitas yang sangat tinggi, high definition. Ukuran frame video, dan fpsnya hampir sesuai dengan gambar video aslinya.
Nah, oleh karena itu kita harus mempunyai setingan yang baik agar hemat harddisk.
perhatikan gambar berikut.

Display setting untuk fraps


Pada Fraps terdapat setingan:
1. Hotkey untuk video capture. Ini adalah setingan tombol untuk mengaktifkan/menonaktifkan perekaman video. Jika anda men-enable hotkey ini, maka Anda bisa mengaktifkan/menonaktifkan perekam setiap saat dimana Anda sedang nge-game di komputer Anda.
2. Untuk menyimpan hasil rekaman, sebaiknya pilih tempat harddisk yang sangat besar kapasitasnya, karena kita tidak tahu berapa besar hasilnya. Saya pernah nge-game 1 menit, tiba-tiba sudah ratusan MB. Berhati-hatilah.
3. Jika Anda mau merekam suara, maka centang di kotak  record sound.
4. Di situ ada setingan full-half size. Maksudnya, jika full maka hasil rekaman akan sesuai dengan layar monitor Anda. Jika half berarti di skala menjadi setengahnya.
5. FPS (frame per sekon), maksudya adalah banyaknya frame tiap detiknya yang akan direkam menjadi videonya. Semakin besar maka semakin besar ukuran video tersebut. Jika fps terlalu kecil, maka hasil videonya seperti koneksi lemot, jalanya kayak siput. he3x. Tapi masih enak/nyaman dilihat kok.


Saran saya, gunakan setingan low (rendah) quality aja, untuk menghemat harddisk jika Anda memang ingin merekam video game dengan durasi yang panjang.
Contoh: fps=20, dengan setingan half-size.
Untuk durasi pendek gunakan setingan medium aja, dengan fps 30 dan half size. Setelah jadi, tinggal dikompress aja video rekamannya dengan video converter.

Nah, hebat kan tool ini.

0 comments:

Silahkan berkomentar demi perbaikan blog ini. :D
(Terima kasih.,,)

Post a Comment

Artikel menarik lainnya....